5 Tips amankan akun Facebook agar tak jadi incaran hacker nakal

Posted by





    Merdeka.com - Akun jejaring sosial seringkali kita sebar passwordnya di mana-mana. Hal ini terjadi karena kita membuka akun kita di banyak perangkat: smartphone, PC rumah, laptop, PC kantor, laboratorium sekolah, dan berbagai tempat lain. Masalahnya, tak selalu tempat-tempat tersebut aman untuk jadi tempat menyimpan kata sandi kita.

Berikut adalah tips-tips resmi dari Facebook yang bisa Anda andalkan agar akun Anda bebas diretas oleh hacker nakal yang seringkali memanfaatkan keteledoran pengguna.
1. Verifikasi akun
    Persetujuan masuk atau verifikasi dua langkah merupakan cara terbaik dan termudah untuk menjaga akun Facebook Anda dari tindak peretasan. Ketika masuk dari komputer, smartphone, atau browser web baru, Anda harus memasukkan kode yang Anda peroleh dari smartphone Anda untuk membantu memastikan bahwa orang tersebut adalah Anda yang sebearnya.
   Bagaimana cara melakukannya? Untuk mengaktifkan persetujuan masuk, buka tab 'Lainnya' dan ketuk 'Pengaturan.' Selanjutnya, pilih Pengaturan Keamanan, dan centang kotak di samping 'Persetujuan Masuk.'
2. Gunakan fitur laporan di Facebook
   Jika Anda melihat sesuatu yang mengganggu dan berbahaya yang seharusnya tidak ada di Facebook, Anda dapat melaporkannya dengan mengklik tautan laporan (biasanya berupa tanda panah ke bawah di bagian kanan atas kiriman).
   Tim global dari Faceook bekerja 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, untuk meninjau hal-hal yang Anda laporkan dan menghapus apa saja yang melanggar standar komunitas kami. Facebook tidak akan mencantumkan informasi apa pun tentang orang yang mengirimkan laporan. Jika melaporkan sesuatu, Anda memiliki opsi untuk memeriksa status laporan dari 'Pesan Masuk Dukungan Anda.' Perlu diingat bahwa hanya Anda yang dapat melihat 'Pesan Masuk Dukungan Anda.'
3. Hati-hati dalam share konten
   Setiap kali memperbarui status, membagikan foto, atau mengirimkan apa pun di Facebook, Anda dapat memilih siapa yang dapat melihat apa yang Anda bagikan menggunakan alat Pemilih Audiens. Anda dapat memilih berbagi dengan semua orang, hanya teman Anda, atau bahkan pemirsa khusus.
   Saat membuat audiens khusus, Anda dapat secara selektif berbagi dengan, atau menyembunyikan sesuatu dari, orang tertentu. Anda juga dapat mengubah pemirsa untuk sebuah kiriman setelah Anda membagikannya.
   Untuk mengubah audiens terhadap sesuatu yang Anda kirimkan, ketuk bagian kanan atas kiriman untuk menyunting pengaturan privasi kiriman Anda dan pilih audiens baru. Ingat, jika Anda mengirimkan sesuatu ke profil orang lain, orang tersebut dapat mengendalikan siapa saja yang dapat melihat kiriman tersebut. Selain itu, siapa pun yang ditandai dalam kiriman dan teman-temannya dapat melihat kiriman tersebut.
  Makin luas dan makin tak jelas pada siapa Anda share konten Anda, makin terlacak profil Anda oleh hacker nakal.
4. Periksa siapa yang bisa 'nge-tag' Anda di berbagai kiriman
   Apabila berhubungan dengan tag atau penandaan, Anda dapat meninjau konten yang menandai Anda di Facebook. Meninjau tanda memberi Anda kesempatan untuk menyetujui atau menolak tanda yang ditambahkan teman Anda pada kiriman Anda.
   Saat Anda menyalakan opsi ini, tanda yang ditambahkan seseorang untuk Anda tidak akan muncul hingga Anda menyetujuinya.
  Facebook juga menawarkan tinjauan kronologi. Tinjauan Kronologi memungkinkan Anda memilih apakah kiriman yang menandai Anda muncul di Kronologi. Saat Anda mengaktifkan opsi ini, kiriman yang menandai Anda tidak akan muncul di Kronologi Anda hingga Anda menyetujuinya.
  Untuk menyalakan tinjauan tanda atau tinjauan kronologi, ketuk ikon dengan tiga garis, lalu ketuk Pengaturan, selanjutnya Pengaturan Akun dan pilih Kronologi dan Penandaan.
   Dari sini Anda dapat mengelola semua hal, mulai tanda yang ditambahkan orang hingga siapa yang dapat menambahkan dan melihat sesuatu di kronologi Anda memberi Anda kontrol tentang siapa yang dapat terhubung dengan Anda dan bagaimana cara Anda dapat terhubung dengan mereka.
5. Lakukan pemeriksaan
   Anda dapat memilih dari beragam fitur yang mudah digunakan di Facebook untuk melindungi informasi. Pemeriksaan Privasi (https://www.facebook.com/about/basics/) membimbing Anda melalui beberapa langkah cepat untuk membantu memastikan bahwa hanya orang tertentu yang dapat melihat kiriman Anda. Anda juga dapat mencoba Pemeriksaan Keamanan (https://www.facebook.com/help/799880743466869) untuk meningkatkan keamanan akun Anda dalam tiga langkah singkat.
   Jika Anda merasa ada orang selain Anda yang masuk ke akun Facebook Anda, Facebook memiliki alat untuk membantu mengamankan akun Anda. Pertama-tama Facebook akan mengonfirmasi bahwa itu benar-benar Anda dan Facebook akan menanyakan tentang diri Anda, meminta Anda mengidentifikasi foto teman Anda, atau memeriksa ponsel Anda dengan sebuah kode.
   Terakhir, Facebook akan membantu Anda memperbarui kata sandi Anda. Facebook memiliki sistem yang bekerja sepanjang waktu untuk membantu melindungi akun Anda dan membuat Anda selalu mengontrol akun Anda. Jika Anda merasa sudah diretas, hubungi facebook.com/hacked.


Blog, Updated at: 01.22

0 komentar:

Posting Komentar

Dunia-Internet. Diberdayakan oleh Blogger.

Pages - Menu