Twitter BPBD DKI Diretas, Djarot: Perkuat Pengamanan Situs

Posted by



       Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta agar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) memperkuat keamanancyber masing-masing. Hal itu agar informasi yang seharusnya diterima masyarakat melalui situs dari SKPD tersebut tidak diubah oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Imbauan itu disampaikan Djarot menyusul diretasnya akun Twitter Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta. Akun yang seharusnya menampilkan informasi seputar bencana itu diubah oleh hacker.
"Kalau sistemnya bobol, harusnya diperkuat keamanannya, pengamanan situsnya," kata Djarot di Balai Kota, Jakarta, Senin, 3 Oktober 2016.
Kemungkinan menggandeng pihak ketiga untuk keamanan situs pemerintah, Djarot menilai, tim cyber internal dari masing-masing SKPD harus mempunyai kemampuan mumpuni, tanpa bergantung kepada swasta. Dia berharap kejadian ini dijadikan pelajaran bagi tim cyberpemerintah. "Tidak perlu sewa pihak ketiga, harusnya kita sendiri mampu," katanya.
Sebelumnya, akun Twitter resmi milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta @BPBDJakarta diretas sejak Minggu pagi, 2 Oktober 2016. Peretas misterius mengganti gambar latar belakang profil dengan gambar wajah Squidward Tentacles, teman Spongebobs Squarepant di film kartun anak-anak itu.
Akun itu telah pulih kembali, Minggu malam, 2 Oktober 2016, sekitar pukul 21.00 WIB, setelah tim BPBD DKI Jakarta melakukan recoveryterhadap akun tersebut. 


Blog, Updated at: 00.13

0 komentar:

Posting Komentar

Dunia-Internet. Diberdayakan oleh Blogger.

Pages - Menu